Bagaimana Meraih Peluang Bisnis?

Minggu, 30 Oktober 2011



Anda mungkin telah lama bahkan bertahun-tahun menjelajahi  internet hanya sebatas untuk mencari informasi saja. Tanpa disadari kalau di internet ternyata banyak terdapat peluang bisnis yang dapat membuat Anda bisa mendapatkan penghasilan yang sangat besar melebihi apa yang Anda bayangkan. Meskipun demikian, tidak sedikit pengguna internet yang masih ragu untuk terjun di dalam bisnis online. Hal ini disebabkan karena kurangnya pengalaman, memerlukan modal yang tidak sedikit, dan bersikap hati-hati karena banyak terdapat  bisnis penipu yang menjanjikan kaya mendadak secara instan. 

Sebenarnya untuk dapat melakukan bisnis online tidak sesulit yang dibayangkan, tetapi juga tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk dapat melakukan bisnis online, kita dituntut untuk belajar dan bekerja keras, tidak hanya sekedar bisa menggunakan computer dan dapat mengakses internet. Namun, untuk meraih penghasilan melalui aktivitas berbisnis online, terbuka bagi siapapun termasuk Anda kalau mau tekun dan bersabar menjalankannya.

Teknologi informasi dunia maya menawarkan kemudahan dalam berbisnis online. Bagi seorang pemula, untuk melakukan bisnis online tidak dituntut harus memiliki modal yang banyak, atau keterampilan khusus. Bila belum memiliki website atau produk sendiri, bisa menjual produk milik orang lain sebagai affiliater atau reseller.
Sebaliknya, bagi pemula yang ingin berbisnis online,  sebaiknya memulai dengan blog terlebih dahulu. Melalui blog kita bisa membangun reputasi dan kepercayaan. Reputasi dan kepercayaan dibangun melalui artikel yang dapat mencerminkan kreatifitas dan cara pandang seseorang.

Bisnis online adalah perpaduan antara bisnis kepercayaan dan bisnis networking. Transaksi yang dilakukan di internet itu lebih pada kepercayaan, sekali saja berbuat curang, dalam hitungan menit reputasi seseorang bisa ambruk. Oleh karena itu, langkah pertama dalam melakukan bisnis adalah membangun kepercayaan. 

Bagi usaha kecil (small business) bisa dimulai dengan menggunakan website atau blog gratisan terlebih dahulu seperti blogger.com, wordpress.com.  Setelah  dikenal banyak orang,  dan memiliki image yang bagus, baru membangun website professional dengan domain berbayar seperti dot com, dot net atau dot web.id. Sebenarnya yang paling peting bukan websitenya, tetapi membangun reputasi bagus lebih dahulu.  Setelah website atau blog dibangun, langkah berikutnya adalah lakukan optimasi SEO untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Daftarkan website/blog ke mesin pencari, kemudian promosikan website/blog tersebut  seperti ikut serta dalam berbagai milist atau forum di internet. Ikut aktif dalam berbagai social network seperti facebook dan twitter, dengan mencantumkan link pada profil yang mengarah ke blog. Selain itu melakukan aktivitas blogwalking dengan meninggalkan jejak berupa link menuju blog.

Bila Anda telah memiliki produk sendiri dan siap untuk berbisnis online, yang paling penting harus diperhatikan bila ingin sukses dalam berbisnis online, adalah pengiriman poduk atau barang harus on time, pembayaran mudah dilakukan dan tidak menggunakan prosedur yang berbelit. Kualitas barang yang dikirim harus sesuai dengan kualitas yang dipesan.

Yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis online, adalah:

Membuat Email.
Memiliki Email adalah syarat mutlak dalam bisnis online. Di samping sebagai syarat dalam pendaftaran membuat blog, juga digunakan untuk berkomunikasi secara online.
Pendaftaran Email bisa menggunakan yahoo.com, yahoo.co.id  atau gmail.com.

Membuat website/blog.
Website atau blog adalah sarana dalam membangun bisnis online.  Anda bisa membuat website dengan domain gratisan maupun berbayar, atau membuat blog di blogger.com, wordpress.com  atau yang lainnya.

Mengisi blog secara berkala atau terjadwal dengan artikel sesuai bidang bisnis yang Anda kelola.

Promosikan blog.
Sosialisasikan blog melalui berbagai milis dan forum di internet serta jejaring social lainnya.

Lakukan update produk baru secara rutin.
Bila sering melakukan update blog, di samping semakin tinggi rating blog dalam mesin pencari, juga akan semakin mudah pengunjung menemukan blog Anda.

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog