Cara Berpromosi Dengan Mempopulerkan Web/Blog

Selasa, 31 Mei 2011


Mempromosikan Blog
Banyak cara untuk mempromosikan website/ blog yang sudah kita buat, salah satu diantaranya adalah  dengan mempopulerkan website/blog kita.  

Upaya yang harus dilakukan supaya website/blog kita mendatangkan banyak pengunjung adalah dengan mempupulerkannya melalui pendaftaran di beberapa mesin pencari (search engine) maupun ke beberapa web directory. Semakin populer website/blog kita maka semakin banyak peluang yang akan kita dapatkan.

Tujuan kita mendaftarkannya di mesin pencari   adalah agar website/blog kita cepat dikenal dan terindeks (indexed)  dalam database  search engine baik di Google maupun di Yahoo serta search engine submission lainnya, sehingga alamat URL website/blog dapat ditampilkan pada hasil pencarian sebuah mesin pencari. Dengan demikian naskah atau artikel yang terdapat pada website/blog kita akan bisa dilacak oleh para internet users.

Sebuah website atau blog yang bertengger di urutan teratas pada hasil pencaian di mesin pencari  memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi para internet users. Pengunjung lebih tertarik pada website/blog yang berada di halaman awal karena dianggap lebih relevan dengan keyword yang mereka cari. Salah satu indicator utama success atau tidaknya sebuah website/blog adalah seberapa besar dia bisa mendatangkan pengunjung untuk melihat informasi yang disediakan pada website/blog tersebut.

Dengan banyaknya kunjungan yang kita dapatkan maka kita juga akan mendapatkan lebih banyak peluang. Peluang is money, dengan banyaknya peluang yang kita dapatkan maka kita juga akan mendapatkan lebih banyak uang.

Daftarkan website/blog kita terutama ke beberapa mesin pencari yang memiliki high level of popularity yang sering dipakai oleh para  internet users, seperti:
Google.comYahoo.com, MSN.com, dan Dmoz.org. 
Mendaftarkan website/blog ke search engine, caranya adalah,

Mendaftar di Google. Com :
-- Kunjungi http://www.google.com/addurl
-- Masukkan alamat website/blog di Kolom “URL” yang tersedia
-- Setelah itu, isikanlah tanggapan/description singkat tentang blog kita pada kolom “Comments”
-- Ketik teks yang terlihat pada gambar acak di bagian Optional
-- Terakhir klik tombol “Submit URL”

Mendaftar di Yahoo.com :
--› Kunjungi : https://siteexplorer.search.yahoo.com/submit
--› Isilah Kolom ”Submit a website or a Web page” dengan alamat website/blog
--› Terakhir klik ”Submit URL”
Selain dengan cara tersebut di atas, kita dapat menggunakan fasilitas site feed yang disediakan yahoo. Fasilitas site feed tersebut memungkinkan pihak lain menampilkan isi website/blog kita secara otomatis.

Mendaftar di MSN.com :
-- Kunjungi  http://search.msn.com.sg/docs/submit.aspx
Bila kita masuk ke situs MSN.com akan terdapat banyak Free Search Engine Submission tempat untuk mendaftarkan website/blog.

Daftarkan di Dmoz.org :
-- Kunjungi http://www.dmoz.org
Tidak seperti pada search engine submission  lainnya, banyak ketentuan/peraturan yang ditetapkan dmoz.org untuk pendaftaran website/blog. Kalau mau nambah wawasan tidak ada salahnya bila ingin mengetahui ketentuan tersebut dengan mengklik “suggest” URL di halaman utama situs tersebut

Selain dari empat  mesin pencari populer tersebut,  ada banyak sekali (ratusan bahkan ribuan) Search Engine Submission tempat untuk mendaftarkan website/blog yang ada di internet.  Sebenarnya semakin banyak kita melakukan pendaftaran ke ratusan mesin pencari, hasil yang diperolehpun akan semakin maksimal. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa  hampir 60% internet users selalu menggunakan Google yang jadi acuan dalam mencari alamat website. Atas dasar itu setidaknya website/blog kita sudah terdaftar dalam mesin pencari Google.

Kalau ingin cepat terindeks (indexed),  bagi yang tidak mempermasalahkan dana dapat mendaftar melalui layanan berbayar (premium services),  tapi ada juga yang gratisan. Kalau yang bayar lewat Tol jadi cepet nyampe, sementara kalau yang gratis biasanya lewat jalur alternatif di perkampungan yang berlubang-lubang, yach… namanya juga gratisan  he, he, he…!

Pada layanan gratis, website/blog yang kita daftarkan tidak akan langsung bisa take off bahkan untuk keperluan identifikasi (identification/indexing) blog kita akan dipending dulu sampai beberapa hari, minggu bahkan bulan dari directory mereka.
Perlu diketahui pula bahwa untuk yang gratisan biasanya beberapa dari  penyedia layanan juga meminta Link reciprocal (timbal balik). Link timbal balik yang dimaksud adalah link di website/blog kita ke situs penyedia layanan tersebut. Untuk membuat link ke situsnya kita harus copy kode HTML yang diberikan untuk ditempatkan dihalaman utama website/blog kita.

Mendaftarkan website/blog secara otomatis ke mesin pencari.
Mengingat banyaknya mesin pencari (Search Engine) yang ada di internet, kita pasti akan merasa kesulitan jika mengirimkan alamat URL website/blog kita ke berbagai  mesin pencari secara satu persatu. Untuk mengatasi hal ini kita bisa memanfaatkan jasa AutoSubmitter dari beberapa situs yang melayani pendaftaran URL website/blog yang dapat mengirimkannya ke ratusan mesin pencari.

Mendaftarkan ke 20 Mesin Pencari.
Kita bisa menfaatkan fasilitas dari FreeWebSubmission.com untuk membantu kita mengirimkan alamat URL website/blog secara otomatis ke 20 mesin pencari populer. Kita juga bisa mengatur pengiriman ke mesin pencari yang terdaftar di FreeWebSubmission.com untuk mengirimkan URL satu persatu secara manual.
1. Buka alamat http://www.FreeWebSubmission.com
2. Isi Website URL, Name dan Email Address.
3. Beri tanda centang persetujuan, jika sudah klik Submit Your Site.
Kita bisa melihat hasil report dari process pengiriman URL tadi.

Mendaftarkan ke 40 Mesin Pencari.
Selain FreeWebSubmission.com kita juga bisa menfaatkan fasilitas dari searchengineoptimising.com untuk mengirimkan alamat URL website/blog kita secara otomatis ke 40 mesin pencari (termasuk Google).
1. Buka alamat http://www.searchengineoptimising.com/free-search-engine-submission
2. Isi alamat URL website/blog, dan alamat Email kita, kemudian klik OK.
Kita bisa melihat hasil report dari process pengiriman URL tadi.

Mendaftarkan ke 70 Mesin Pencari.
Ada juga situs lain yang melayani  pengiriman alamat URL website/blog secara otomatis ke 70 mesin pencari (termasuk Google) seperti submitexpress.com. Situs ini sangat populer sebagai jasa pengiriman URL secara gratis.
1. Buka alamat situs ini di http://www.submitexpress.com
2. Dalam Free Website Submission form isi dengan alamat URL
    website/blog, Email, Name, Phone Number dan Country.
3. Masukkan 5 code huruf sebelum melakukan pengiriman, jika sudah klik Submit Now.
Kita bisa melihat hasil report dari process pengiriman URL tadi.

Karena banyaknya pilihan layanan Search Engine Submit tersebut maka  seperti yang telah saya lakukan, pilih saja yang mudah daftarnya, enggak  ribet,  dan tentunya yang  gratisan, asal mau sabar nunggu…!dan jangan cape deh…, he…he…he…!

1 komentar:

Prince_yankee mengatakan...

Makasi infox boz :)
segera ne akan ku coba untuk menerapkanx :)

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog