Cara Membuat Menu Dropdown Secara Instant

Selasa, 16 Agustus 2011


Menu Dropdown Instan Buru Peluang
Dalam atikel ini saya akan mengetengahkan bagaimana cara membuat menu dropdown secara instan seperti yang ada pada sidebar blog ini.
Definisi Menu Dropdown menurut artikata.com dan visualsynonyms.com, adalah menu pilihan yang muncul di bawah item ketika pengguna mengklik computer di atasnya. Menu Dropdown merupakan suatu fasilitas yang dapat menayangkan data berupa teks maupun gambar, seperti arsip atau data postingan dan data lainnya, yang dapat dibaca secara berurutan dari atas ke bawah atau sebaliknya.

Setiap kita memposting artikel, arsipnya akan tersimpan dan tersusun secara otomatis di arsip blog, baik yang disusun menurut Hierarki, Daftar Flat maupun Menu Dropdown, serta frekwensi pengarsipannya disusun menurut bulanan, mingguan maupun harian.


Dalam system pengarsipan di blogspot, arsip yang disusun
menurut Menu Dropdown  hanya dapat menampilkan data pada bulan berapa arsip itu disimpan, dengan jumlah arsip yang terdapat dalam bulan yang bersangkutan. Jadi kalau kita ingin melihat artikel apa yang telah diarsipkan dalam bulan tersebut, kita harus mengklik terlebih dahulu bulan yang bersangkutan.

Di sini saya akan mencoba mengetengahkan bagaimana cara membuat Menu Dropdown yang berisikan data arsip seluruh artikel yang telah diposting, yang di dalamnya terdapat link URL menuju artikel yang akan dibuka. Menu Dropdown tersebut berupa Widgetbox yang telah disediakan oleh widgetbox.com. Untuk membuat dan mengisikan data-data postingan yang akan diarsipkan, kita tidak perlu lagi menyiapkan dan mengutak-atik kode HTML, karena setiap kita mengupdate postingan akan secara otomatis diakomodasikan kedalam Menu Dropdown tersebut secara instant, kita tinggal pakai saja. Pengguna  dapat melihat atau membaca seluruh postingan yang telah diarsipkan di dalam Menu Dropdown tersebut.

Untuk mendapatkan Widgetbox tersebut kita harus mendaftar dulu di widgetbox.com untuk membuat account. Buat teman-teman yang mengelola banyak blog, satu account ini dapat digunakan untuk semua blog yang kita kelola. Kemudian setelah proses pembuatan Widgetbox selesai dan mendapatkan kode HTML yang diperlukan, pasang kode tersebut pada sidebar website/blog kita.

Widgetbox ini bisa kita dapatkan  secara gratis maupun dengan berbayar. Untuk layanan yang gratis, di samping akan dimunculkan iklan, juga kita tidak mendapatkan fasilitas atau fitur-fitur yang selengkap pada layanan yang berbayar (layanan Pro). Walaupun demikian,  sesuai dengan fungsinya dan untuk mempercantik tampilan blog, widget yang kita dapatkan secara gratis ini sudah cukup memadai.

Inilah langkah-langkah untuk membuat Menu Dropdown yang diaplikasikan ke dalam Widgetbox,  sebagai berikut:

1. Pergi ke situs  http://www.widgetbox.com
2. Pada homepage widgetbox.com, klik “Join Now” untuk mendaftar atau “Sign in” bagi yang sudah punya account.

Gambar 1 Homepage widgetbox.com

3. Pada halaman pendaftaran, masukkan Username dan Password. Klik tombol radio “I’m new here” bila Anda baru mendaftar belum memiliki account, atau klik “I already have an account” bila Anda telah terdaftar. Kemudian klik “Sign In”.

Halaman Pendaftaran widgetbox.com


4. Berikutnya Anda dapat memilih jenis widget yang ingin Anda ciptakan. Banyak pilihan widgetbox yang disediakan seperti Blog/Feed, Twitter, YouTube, Vimeo, Flickr, Form, Poll, Video Gallery, Slideshow dan Countdown.
Karena kita ingin membuat Menu Dropdown, pilih  “Blog/Feed”.

Pemilihan Widgetbox




5. Ketika kita menentukan pilihan “Blog/Feed” akan muncul jendela baru untuk membuat widgetbox dengan pilihan layanan berbayar (Pro) atau gratis (Basic). Bila kita pilih layanan berbayar, kita akan mendapatkan fitur-fitur tambahan seperti Slideshow, Scroll every, dan lain-lainnya serta bebas iklan. Dalam hal ini kita coba membuat yang gratis dengan mengklik pilihan “Basic”.

Sebelum Anda melanjutkan untuk membuat widgetbox dengan pilihan Basic atau Pro, jangan lupa masukkan dulu alamat lengkap URL website/blog Anda ke dalam kotak putih yang disediakan. Selanjutnya klik “Make Widget”.

6. Pada halaman utama tempat pemrosesan  pembuatan Widgetbox kita dapat mengatur tampilan, sebagai berikut:
  • Dalam Tab Editor, atur Label konten, apakah menurut Daftar, Slide show, mencakup ringkasan atau termasuk gambar.
  • Atur seluruh penampilan Widgetbox Anda dengan ukuran yang diinginkan, tema, dan tampilan gaya header.
  • Lengkapi data-data website/blog Anda di “Edit Gallery Details”, untuk keperluan pencantuman di gallery Widgetbox.com.
  • Terakhir klik “Save Blidget” yang terletak di sebelah kanan atas dan bawah.

Copy Paste Kode HTML Widgetbox


7. Sebelum mendapatkan kode HTML yang dimaksud, terlebih dahulu kita harus memberi tanda centang pada kotak persetujuan persyaratan dari pengembang, kemudian klik kembali “Save Blidget”.


8. Pada halaman berikutnya muncul ucapan selamat kalau blidget kita telah terdaftar di gallery Widgetbox.com. Klik “Get Widget” untuk mendapatkan kode HTML widgetbox kita yang sudah jadi. Setelah muncul, copy kode tersebut kemudian pasang pada sidebar blog kita. Untuk keluar dari system jangan lupa klik “Sign out”. Coba lihat, Menu Dropdown kita sudah jadi. 


Gambar 6 Copypaste Kode HTML Widget
Gambar 7 Copy dan Paste Kode HTML Widgetbox




Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog