Cara Memasang Shoutbox Chatting Pada Blog

Rabu, 29 Juni 2011


chatbox for you and me
Shoutbox adalah  fasilitas yang berfungsi untuk memberikan kesempatan kepada pengunjung blog untuk memberikan pesan atau komentar secara bebas yang memungkinkan terjadinya interaksi antara sesama pengunjung, serta antara pengunjung dengan pengelola blog.
Pengunjung dapat menitipkan pesan atau komentar apa saja dan pengelola blog dapat memberikan respon sehingga terjadi umpan balik secara instant, seperti sebuah percakapan dalam chatting room.

Beberapa penyedia layanan Shoutbox Chatting di internet antara lain adalah www.shoutmix.com, www.oggix.com, www.myshoutbox.com,  www.MeeboMe.com, dan banyak lagi yang lainnya.
Sebagai contoh kita manfaatkan layanan dari www.shoutmix.com. 
Untuk mendapatkan Shoutbox Chatting dari shoutmix.com caranya sangat mudah. Pertama kita  mendaftar di situs tersebut untuk membuat account yang dapat kita gunakan untuk login bila ingin mengkonfigurasi shoutbox. Setelah mendapatkan kode HTML shoutbox yang dimaksud kemudian tinggal pasang di blog kita.

Pemanfaatan Shoutbox Chatting dari shoutmix.com ini ada yang berbayar (layanan premium) dan ada juga yang gratis. Pada layanan gratis, koleksi emoticon yang disediakan serta fitur-fiturnya terbatas, tidak seperti pada layanan premium. Kalau Anda menginginkan koleksi emoticon yang lebih banyak lagi bisa daftar di oggix.com. Dalam hal ini kita pilih yang free saja dulu, dan cara untuk dapat memasang Shoutbox Chatting dari shoutmix.com,  adalah sebagai berikut:

1. Masuk ke situs shoutmix.com dengan membuka http://www.shoutmix.com pada browser kita, kemudian klik create shoutbox untuk melakukan registrasi.


Beranda shoutmix.com

                                             Beranda shoutmix.com

2. Pada halaman create shoutbox isikan informasi Shoutbox ID dan Password untuk login, nama dan alamat e-mail, kemudian beri tanda centang pada kotak persetujuan, setelah itu klik continue.



                                                Halaman registrasi

3. Pemberitahuan bahwa shoutbox kita telah selesai dibuat akan muncul pada halaman berikutnya, tunggu beberapa saat sampai muncul panel pengaturan yang menampilkan Quick Start, General, Display, dan Security serta status pendaftaran kita dan fitur-fitur  Shoutbox yang akan kita miliki.
Sebelum kita mengklik Get codes pada panel Quick Start untuk mendapatkan kode shoutbox yang akan kita pasang pada blog, kita dapat mengatur terlebih dahulu tampilan shoutbox yang terdapat pada panel Display untuk mengatur Gaya dan warna; Tanggal dan  waktu; Label; Smileys dan CSS kustom.


Status Pendaftaran dan Fitur Shoutbox


                        Status pendaftaran dan fitur Shoutbox 

Get codes untuk mendapatkan kode shoutbox

                Klik Get codes untuk mendapatkan kode shoutbox


4. Setelah mengklik Get codes pada panel Quick Start, berikutnya muncul halaman yang berisikan ukuran shoutbox dan kode HMTL. Copy kode tersebut kemudian pasang pada halaman blog kita dimana shoutbox akan ditempatkan. Setelah selesai, klik Log out untuk keluar dari situs shoutmix.com.

Copy paste kode HTML shoutbox

                                     Copy paste kode HTML shoutbox

Last but not least, saya ingin buat catatan sekadar tips bagi teman-teman yang berminat dengan program Google AdSense. Jangan aplikasikan Widget Shoutbox Chatting ini pada Website/Blog berbahasa Inggris Anda, karena Google AdSense tidak memperbolehkan aplikasi apapun baik dalam bentuk gambar maupun teks yang dapat mengalihkan perhatian atau mengarahkan lalu lintas melalui cybersquatting dari Google AdSense. Bila   dalam blog berbahasa Inggris Anda masih terdapat aplikasi yang dilarang Google AdSense, walaupun dengan maksud ingin mempercantik tampilan website/blog dengan pernak-pernik atau  accessories blog, sudah dapat dipastikan bahwa pengajuan program Google AdSense Anda akan ditolak. 

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog