6 Tips Agar Blog Bisnis Online Yang Anda Buat Sukses

Senin, 19 September 2011

Wanita Karier Yang Berhasil
Bila Anda membuat blog dengan tujuan dijadikan sebagai sarana untuk bisnis online, ada banyak hal yang harus diperhatikan agar blog bisnis online yang Anda buat sukses sesuai dengan yang diharapkan.

Blog adalah kependekan atau singkatan dari weblog, adalah bentuk aplikasi web yang merupakan tulisan-tulisan yang dimuat sebagai posting pada sebuah halaman web umum. Blog merupakan jurnal online di mana orang dapat mengirimkan entri catatan harian tentang pengalaman pribadi mereka, juga sebagai sarana untuk mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka.  Posting di blog biasanya dalam urutan kronologis yang dimuat dalam urutan secara terbalik, yaitu isi posting terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi posting sebelumnya. 

Penggunaan blog saat ini adalah merupakan salah satu media untuk menuangkan ide, hobi, tulisan berupa cerita pendek, opini, berita, kumpulan artikel, jurnal ilmiah, pembelajaran, atau apa saja sesuai kemauan pemiliknya untuk diketahui orang lain.    Dengan blog tersebut, banyak pengguna internet dari semua kalangan telah memanfaatkannya  karena kemudahan dalam pembuatan dan tidak ada batasan dalam penggunaannya.  Dalam pembuatan blog tersebut tidak diperlukan adanya penguasaan bahasa pemograman, sebagaimana kalau kita ingin membuat website.

Walaupun saat ini sedang ngetren akan adanya situs pertemanan atau jejaring social seperti Facebook dan Twitter, namun pengguna blog semakin banyak dan eksistensinya tidak akan tergantikan. Hal ini karena fungsi blog yang beragam kegunaannya.
Banyak sekali blog yang bertebaran di internet, mulai dari yang dibuat dengan disain sederhana hingga yang professional yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam tujuan.     

Blog yang pada awalnya diperkenalkan sebagai buku harian online atau catatan perjalanan seseorang di internet, kini telah berubah menjadi mesin multifungsi yang bukan hanya sekadar wahana untuk menyalurkan ide atau hobi, tetapi juga dapat dijadikan peluang bisnis sebagai sarana untuk membuat uang di internet, serta memiliki nilai tambah bagi pemilik blog, yang lebih dikenal sebagai blog monetize. 

Blog yang berpotensi dapat menghasilkan uang bagi pengelolanya, mengundang penasaran banyak orang untuk mencobanya. Pemanfaatan blog sebagai media bisnis internet untuk menghasilkan uang memang gampang-gampang susah. Banyak yang telah berhasil, tetapi banyak pula yang gagal. Yang perlu diperhatikan adalah, bagaimana Anda memanfaatkan potensi blog yang Anda buat, dan usaha Anda mengoptimalisasi blog sehingga bisa menciptakan peluang bisnis yang dapat menghasilkan passive income.
Bagi seorang pemula, agar tidak perlu mengeluarkan uang bila ingin memulai membangun blog, pengunaan Blogspot disarankan karena memiliki interface yang mudah dan pendaftarannya gratis.

Apabila blog bisnis online yang Anda buat ingin sukses dalam menjalankan misinya sebagai pencetak uang online, banyak cara yang harus ditempuh seperti mempromosikannya, baik secara of line maupun on line. Mengoptimasi tampilan/desain, konten, sampai kepada optimasi SEO adalah mutlak harus dilakukan, agar blog Anda bisa menempati urutan teratas pada hasil pencarian mesin pencari, sehingga memiliki peluang lebih besar untuk dikunjungi pengguna internet.

Agar blog yang Anda buat berhasil dan berdaya guna dalam menjalankan misinya sebagai pembuat uang di internet, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam pembuatan blog, antara lain adalah:

1.    Pilih Domain yang efektif.
Pertimbangkan baik-baik sebelum menentukan nama domain. Sebuah nama domain harus bisa mencakup isi dari materi sebuah blog. Domain yang efektif, selain berhubungan dengan title, deskripsi  dan konten blog, hendaknya dibuat dengan kalimat sependek mungkin. Bila tidak terpaksa, hindari penggunaan lebih dari dua suku kata untuk mempersingkat alamat blog, agar mudah diingat oleh banyak orang bila ingin mengunjungi blog.  Jangan menggunakan angka di dalam nama domain, karena penggunaan angka di dalam nama domain, mengandung arti kata yang tidak mudah dapat dilacak oleh mesin pencari.

2.    Rancangan yang tepat dan menarik terhadap tampilan.
Desain atau tampilan blog yang bagus dan menarik, akan mengundang perhatian orang banyak, sehingga dapat meningkatkan pengunjung ke dalam blog. Apabila blog yang Anda buat dirasa masih standard atau kurang menarik, Anda dapat melakukan optimasi tampilan blog dengan merubah desain grafis tampilan blog dengan memilih desain yang tersedia. Banyak ragam template yang dapat Anda gunakan untuk mempercantik tampilan blog, baik template dari Bogspot sendiri maupun template yang disediakan oleh pihak ketiga. 

3.    Loadingnya cepat dan mudah dinavigasi.
Agar blog bisa diakses dengan cepat oleh pengguna internet, hindari penggunaan video, flash, atau gambar-gambar yang tidak perlu. Gunakan warna hitam untuk huruf/tulisan halaman dengan background putih.  Hal ini untuk menghindari halaman blog Anda tidak terindeks oleh mesin pencari. Mesin Pencari tidak dapat melihat konten yang disajikan dalam gambar (GIF, JPEG, PNG), elemen Flash, JavaScript dan bahasa script lainnya. Kalaupun Anda harus menggunakan gambar untuk konten tekstual, pertimbangkan untuk menggunakan atribut “Alt” untuk memasukkan beberapa kata dari teks deskriptif.  Atribut “Alt” digunakan untuk menggambarkan isi dari file gambar. Disarankan untuk menggunakan teks daripada gambar untuk menampilkan nama, isi, atau link.

4.    Buat kata kunci yang tertarget sesuai tema blog.
Kata kunci adalah kata atau frasa, atau gabungan kata yang digunakan untuk menemukan atau menghubungkan halaman web atau informasi lain yang sesuai dan berguna.
Lakukan riset dengan Google Adwords Keyword Tools untuk mendapatkan kata kunci yang banyak dicari orang, tetapi tingkat persaingannya di internet rendah.
Buat kata kunci tertarget secukupnya sesuai dengan tema blog. Jangan mengulang kata kunci yang sama lebih dari 5 kali.

5.    Buatlah konten unik, berguna dan kaya informasi.
Buatlah artikel konten  asli tulisan sendiri, berguna dan informative sehingga memberi manfaat untuk pengunjung yang membacanya. Gunakan judul yang unik dan menarik agar menarik perhatian pembaca untuk mengunjungi blog Anda. Pasang kata kunci pada judul dan batang tubuh konten dengan kepadatan kata kunci  +  1,5 %. 

6.    Promosikan blog dan optimalkan SEO.
Promosi adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa kita agar dikenal oleh banyak orang. Dengan promosi kita bisa mempopulerkan blog dan mendatangkan banyak pengunjung ke blog kita. Daftarkan blog Anda ke mesin pencari, terutama ke beberapa mesin pencari yang telah memiliki tingkat populeritas tinggi seperti Google.com, Yahoo.com, MSN.com, atau Dmoz.org. Tujuan kita mendaftarkan ke mesin pencari adalah agar blog kita cepat dikenal dan terindeks mesin pencari. Selain itu daftarkan juga pada web direktori, artikel direktori, dan layanan PING. Lakukan optimasi mesin pencari (SEO) untuk meningkatkan pengujung blog Anda.



Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog