Bagaimana cara mendongkrak PageRank?, dukung dengan backlink berkualitas

Minggu, 18 September 2011


Meningkatkan Page Rank Dengan Membangun Link
Salah satu cara yang dilakukan untuk mendongkrak atau meningkatkan PageRank (PR) halaman suatu situs, adalah adanya dukungan backlink yang berkualitas dari halaman situs lain pemberi backlink.
Metode yang dilakukan mesin pencari utama seperti Google dalam menentukan kualitas sebuah halaman situs dan posisinya dalam hasil pencarian, salah satu diantaranya adalah dengan mengitung jumlah link dari halaman situs lain yang mengarah ke halaman sebuah situs (inbound link) dan link dari halaman sebuah situs yang mengarah ke halaman situs lain (outbound link).

Cara penghitungan yang dilakukan Google ini lebih kompleks lagi karena tidak hanya memperhitungkan link yang masuk maupun link yang keluar mengarah ke halaman situs lain, kualitas dari situs pemberi link juga menjadi factor penentu. Halaman pemberi link yang memiliki kualitas PageRank tinggi dianggap lebih baik daripada halaman yang memiliki PageRank lebih rendah.

Siklus Page Rank
Semakin banyak link yang menuju ke halaman suatu situs maka semakin populer halaman tersebut. Banyaknya suara atau referensi dari halaman situs lain menunjukkan bahwa isi halaman tersebut lebih berkualitas daripada halaman lain.  Cara penghitungan untuk menentukan populeritas sebuah halaman  seperti ini lebih dikenal dengan istilah Google PageRank.

Penghitungan PageRank adalah untuk menentukan nilai sebuah halaman, bukan untuk keseluruhan situs, jadi halaman-halaman yang ada dalam sebuah situs akan memiliki nilai PageRank yang berbeda-beda.
Google mengupdate penghitungan PageRank sebuah halaman sekali setiap beberapa bulan.  Situs-situs yang baru diluncurkan akan memiliki PageRank 0 sampai update ini dilakukan oleh Google untuk memberikan nilai PageRank yang tepat untuk mereka.

PageRank dihitung menggunakan skala 1-10. Sebuah halaman situs yang memiliki PageRank tinggi akan memperoleh tempat yang lebih baik dalam hasil pencarian daripada halaman yang memiliki PageRank lebih rendah karena dianggap memiliki konten yang lebih baik, dilihat dari jumlah dan kualitas halaman pemberi link.

Untuk mendongkrak PageRank dengan dukungan backlink yang berkualitas, sebaiknya kita memperhatikan dan melakukan hal-hal sebagai berikut:

-->Periksa status situs pemberi backlink, semakin tinggi  PageRank situs pemberi backlink,  akan semakin bagus nilai backlink tersebut.


-->Backlink yang kita dapatkan dari blog yang mempunyai kesamaan topic dengan blog kita, akan lebih berkualitas daripada blog lain yang berbeda topic. Link dari dan ke situs yang berkualitas tinggi terkait berdampak pada peningkatan PageRank.

-->Posisi link yang terletak di tengah kalimat dalam suatu artikel terkesan lebih alami dan memiliki kualitas yang lebih baik daripada link yang diletakkan di blogroll.

-->Link yang ditandai dengan atribut nofollow tidak dapat memberikan kontribusi ke PageRank.

-->Buat artikel yang berkualitas dan menarik, agar blog lain yang tertarik dengan tulisan kita akan mereferensikan tulisan kita tersebut di blog mereka. Referensi tersebut akan menambah koleksi backlink bagi blog kita.

-->Membuat dan mengirimkan artikel yang telah dipasang  link yang mengarah ke blog kita ke situs Article Directory, sehingga ketika artikel tersebut dipublikasikan di situs  Article Directory, kita akan mendapatkan backlink. Article Directory memberikan peluang kepada kita untuk mempromosikan artikel yang kita buat.

-->Daftarkan blog kita pada Web Directory. Dengan memanfaatkan situs Web Directory, kita akan mendapatkan one way backlink dari web directory yang akan  membantu meningkatkan PageRank blog kita.

-->Blogwalking dan memberi komentar pada blog dofollow, dengan meninggalkan jejak berupa komentar pada tulisan di blog dofollow, kita akan mendapatkan one way backlink yang dapat memberikan kontribusi dalam meningkatkan PageRank. Berikan komentar atau masukan sesuai dengan topic yang sedang disajikan. Komentar yang baik terkadang menarik perhatian pembaca lain untuk mengunjungi blog pemberi komentar. Untuk dapat mengetahui blog dofollow, kunjungi situs atau blog yang memberikan daftar blog dofollow.

-->Manfaatkan situs Social Bookmarking untuk menambahkan halaman blog secara online di situs Dofollow Social Bookmarking, sesuai dengan topic atau kategori artikel yang akan dibookmark.

-->Manfaatkan situs Social Networks dengan mendaftar dan mengisi profil dengan mencantumkan link pada profil yang mengarah ke blog kita.

-->Tawarkan kepada pengelola blog lain yang memliki topic yang sama dengan blog kita untuk melakukan pertukaran link. Kegiatan pertukaran link ini merupakan salah satu cara untuk mendongkrak PageRank.



Baca juga:

0 komentar:

Posting Komentar

 
 
 

Popular Posts

Recent Comments

Sitemap Submitter

Dengan tool ini Anda bisa langsung memberitahu Google, Yahoo, Ask.com dan Moreover.com tentang baru atau diperbarui file sitemap Anda.

SEBERAPA CEPATKAH LOADING WEBSITE/BLOG ANDA? SILAHKAN CEK DI SINI !

Masukkan URL Website/Blog Anda, kemudian klik Check !
Your domain(s): Enter each address on a new line (Maximum 10)
(eg.blogoneforall.blogspot.com)
Powered by iWEBTOOL
 
Copyright © Buru Peluang Blog